pakaian TAQWA

B654790_c

BERITA: Demonstran Cantik, Setengah Bugil Demi Aspirasi

[merdeka.com; Aryo Putranto Saptohutomo; 3 Maret 2013 2; Digital Quran Sony Sugema 3.0; Indeks Quran Mahmud Syafrowi]

Siang hari itu mungkin tak terpikir di benak suporter Ukraina, yang merayakan kegembiraan EURO 2012. 3 perempuan muda bersiap aksi nekat. Tidak ada yang menyadari, mereka mengenakan kostum kesebelasan Ukraina.Diam-diam mereka menyusup ke tengah-tengah suporter, yang tidak menyadari sedang mabuk berat, di sebuah taman. Suasana sangat ramai. Perlahan ketiga perempuan itu mendekat.

Tiba-tiba, ketiga perempuan itu naik ke atas meja yang dipenuhi suporter, dengan segelas bir di tangan kanan. Mereka membuka baju, tanpa benang sehelai menutupi dada mereka. Teriak-teriak menyuarakan aspirasi.

Suporter itu terhenyak. Kaget. Di dada tertulis kata ‘Stop Prostitusi’. Melihat aksi itu, sebagian suporter menghindar. Lainnya asyik memelototi perempuan nekat itu. Tidak lama, polisi datang menangkap.

Sehari sebelumnya, 3 perempuan lain melakukan aksi serupa. Nekat melepas baju & berteriak-teriak menentang prostitusi di Ukraina. Di tengah-tengah piala EURO 2012. Salah 1 hendak membanting trofi. Aksinya digagalkan polisi. Banyak anak-anak melihat. Ulah mereka diabadikan jurnalis.

Perempuan itu mengaku sebagai aktivis pengunjuk rasa feminis FEMEN. Sejak didirikan 5 tahun lalu di Ibu kota Kiev, Ukraina, oleh aktivis perempuan Anna Hutsol, aksi setengah bugil membetot perhatian masyarakat, media massa.

Tujuan FEMEN, membangun kepemimpinan, pemikiran, & meningkatkan moral perempuan Ukraina. Ingin menjadi salah 1 motor pergerakan perempuan ekstrim di Eropa, & bercita-cita Revolusi Perempuan 2017. Sekilas alasan yang manis & heroik. Aksi bertelanjang dada menyuarakan aspirasi, & meningkatkan moral, malah bertentangan.

Atas nama kebebasan berekspresi & perjuangan kesetaraan gender, mereka pun kerap menyasar simbol-simbol religi. Aksi terbaru, beberapa aktivis FEMEN nekat buka baju di Vatikan.

FEMEN mengklaim simpati perjuangan mereka. Banyaknya perempuan yang bergabung. Sudah merekrut ratusan anggota, ribuan simpatisan, lewat jejaring sosial Vkontakte. Kini mengembangkan sayap pergerakan, membangun beberapa markas di Italia, Prancis, Israel, & lainnya.

Soal dana, FEMEN tidak pernah mengakui dari mana. Duit diambil dari sumbangan anggota. Beberapa pihak curiga disokong pihak-pihak operasi klandestin.

Motif perjuangan FEMEN dengan bertelanjang dada banyak dicibir. Dituding cuma memanfaatkan momen & menumpang tenar. Akademisi mengatakan tidak mempengaruhi apapun. Dianggap berbuat demi kesenangan, tanpa arti perbaikan. Kegiatan itu adalah perwujudan rasa frustasi. Nampaknya klop jika menilik alasan mendasar FEMEN melakukan aksi itu.

 Apa yang dikatakan Quran tentang pakaian

1. Pakaian taqwa adalah yang terbaik

Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. [Al-A’raf 7:26]

 2. Berpakaian pantas jika ke masjid

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. [Al-A’raf 7:31]

3. Perintah memakai jilbab

Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang. [Al-Ahzab 33:59]

Iklan

2 pemikiran pada “pakaian TAQWA

Tinggalkan Balasan, sopan, intelek, belajar lanjut

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s