Muntah! Makan Daging Saudaranya Sendiri Yang Sudah Mati

4.1.1

Makan Daging Saudaranya Sendiri Yang Sudah Mati

[#13038# Linda Mayasari ,DetikSurabaya;Quran Digital SonySugema 3.0; Indeks Quran Mahmud Asy-Syafrowi; Riyadushshalihin, Mizan]

BERITA: Memelihara Lidah, 4 Hal Perlu Diketahui

Jakarta – Kebanyakan orang hanya memperdulikan kesehatan giginya saja & mengabaikan kesehatan bagian lain pada mulut yakni lidah. Lidah merupakan indra perasa yang penting untuk dijaga kebersihan & kesehatannya.
4 hal menjaga kesehatan lidah, dilansir besthealth, Kamis (11/10/2012):
1. Dibersihkan
Lidah memiliki permukaan kasar, terdiri dari tonjolan-tonjolan kecil. Disebut papila. Penelitian di University of Michigan’s School of Medicine menemukan, sepertiga spesies bakteri di mulut, ditemukan di lidah antar papila.
Kuman di lidah menyebabkan bau mulut & mempengaruhi indra perasa. Bakteri dapat menyebar ke bagian lain seperti gigi. Pertumbuhan yang berlebih, dapat mengubah warna lidah menjadi kuning, putih atau bahkan hitam & tampak seperti berbulu.
Bersihkan lidah setiap menyikat gigi. Menggunakan pembersih lidah. Alat kecil yang dirancang mengikis lidah, berbagai macam bentuk & ukuran.
2. Perawatan Ekstra
Pemilik jenis lidah kering & terlalu kasar, perlu perawatan ekstra. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh yang bernapas lewat mulut atau dalam terapi obat yang membuat mulut kering.
Jika kondisi lidah terlalu kering & kasar, jangan asal menyikatnya dengan pembersih lidah. Dapat berisiko merusak jaringan. Cobalah menyikat lidah setelah membersihkan gigi, sementara mulut masih lembab. Dapat menyemprotkan pelembab atau gel khusus lidah & tunggu selama 10 sampai 15 menit sebelum menyikat lidah.
3. Bisa Terkena Kanker
Kanker dapat terjadi di mulut. Ditandai perubahan pada lidah. Periksa kondisi lidah seminggu sekali rutin di depan cermin, mendiagnosa kanker mulut sejak dini.
Periksa bagian bawah, atas & samping & telitilah apakah ada perubahan kulit, luka, bercak putih atau merah yang tidak kunjung sembuh setelah 1 atau 2 minggu. Kunjungi dokter gigi, rutin setiap 6 bulan sekali. Dokter gigi juga dapat mengenali kejanggalan lidah.
4. Perhiasan Lidah Menyakiti
Body piercing atau tindik di tubuh manapun, memiliki risiko infeksi. Menurut Canadian Dental Association, risiko infeksi akibat tindikan lidah lebih tinggi, karena mulut penuh bakteri.
Selain itu logam di lidah, merusak gigi & gusi, mengikis enamel, melonggarkan gusi & menyebabkan keretakan gigi. Prosedur tindik lidah itu sendiri telah dikenal dapat menyebabkan kerusakan saraf, menyebabkan air liur permanen atau mengubah indra perasa.(ir/fat)

Memakan Daging Saudaranya Yang Sudah Mati

Sudah seharusnya, manusia memelihara lidahnya. Baik kesehatan maupun ucapan (‘lidah’). Yang suka menggunjing, diumpamakan seperti memakan bangkai saudaranya. Tentu jijik. Ada kalanya, pembicaraan yang tidak membawa kemaslahatan, melantur pada hal yang dilarang. Maka, diam atau menahan ucapan, itu lebih baik. Rasul pun bersabda, untuk menahan lidah agar terhindar dari api neraka. Banyak bicara yang baik adalah mengingat Allah, agar hati menjadi lembut.

Allah Swt berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa & janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain & janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.” [Al-Hujurat 49:12]

Allah Swt berfirman, “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan & hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” [Al-Isra’ 17:36]

“Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” [Qaff  50:18]

Rasulullah bersabda, seperti yang dituturkan Abu Hurairah ra,

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah & Hari Akhir, hendaklah senantiasa berkata baik, atau diam” [HR. Bukhari Muslim]

Dituturkan dari Abu Musa ra yang berkata, “(Suatu saat) saya bertanya, “ Wahai Rasullullah siapakah yang paling utama di antara kaum Muslim?’ Jawab Beliau, ‘Yaitu seseorang yang Muslim selain dirinya selamat dari gangguan lidah & tangannya’”. [HR. Bukhari Muslim]

Dituturkan dari Sahl bin Sa’d , Rasulullah bersabda, “Barangsiapa bisa memberikan jaminan kepadaku atas keselamatan apa yang ada di di antara dagu & pahanya (yakni) kemaluannya), maka aku berani memberikan jamminan surge kepadanya”.  [HR. Bukhari Muslim]

Rasulullah bersabda, seperti yang dituturkan Abu Hurairah ra, “Sungguh, karena mengucapkan suatu perkataan yang tanpa dipikirkan lebih dahulu, seseorang dapat menjadikan dirinya tergelincir ke dalam neraka yang luasnya lebih jauh daripada jarak antara timur & barat”. [HR. Bukhari Muslim]

Rasulullah bersabda, seperti yang dituturkan Ibn ‘Umar ra., “Janganlah kalian banyak bicara, kecuali untuk mengingat Allah. (Ini) karena banyak bicara yang bukan untuk mengingat Allah Swt. Menyebabkan kerasnya hati. Sungguh, manusia yang paling jauh dari Allah Swt. adalah orang yang berhati keras.” [HR. Bukhari Muslim]

Iklan

Tinggalkan Balasan, sopan, intelek, belajar lanjut

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s