MIRAS. Sayang, Mati Sia-sia!

BERITA: 1 Korban Miras Terancam Buta

methanolSatu dari 6 korban keracunan minuman keras oplosan di Mojokerto, Jawa Timur, yang masih hidup terancam mengalami kebutaan. Ia adalah Muhammad Arief, 16 tahun.

Saat ini, Arief dirawat di RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto. Dokter spesialis penyakit dalam rumah sakit setempat, Sahid Suparasa, mengatakan Arief mengalami gangguan penglihatan. “Dimungkinkan karena (meminum) metanol yang bisa merusak fungsi organ termasuk organ-organ tubuh yang vital,” kata Sahid, Senin, 6 Januari 2014.

Menurutnya, alkohol dengan dosis tinggi tidak bisa menyebabkan kematian dalam waktu singkat. Diduga miras yang diminum para korban juga mengandung metanol atau yang lazim disebut spiritus.

Kepala Pusat Laboratorium Forensik Polri Cabang Surabaya Komisaris Besar Magdalena Sri Handayani juga mengatakan kandungan zat kimia seperti metanol dapat menyebabkan gangguan organ yang mematikan. “Mengganggu sistem saraf & pernapasan sampai jantung,” ucapnya di Mojokerto.

Maka tak heran, ada salah 1 pasien yang mengalami gangguan penglihatan. “Kemungkinan dia kena saraf matanya,” ucapnya.

Sebanyak 24 orang keracunan miras oplosan jenis arak saat pesta miras malam tahun baru di 5 lokasi terpisah di Kota & Kabupaten Mojokerto. Hingga hari ini sudah 17 orang meninggal & 6 masih dirawat. [ISHOMUDDIN; ; 06 1 2014 ; tempo.co]

————————-

Baca juga:

  1. ‘MAKANAN’ yang baik
  2. Memelihara Kehidupan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan, sopan, intelek, belajar lanjut

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s