Rasulullah & wanita tua meludah

Suri teladan. Allah berfirman, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah & (kedatangan) hari kiamat & dia banyak menyebut Allah.” [33:21]

Taatilah. Allah berfirman, “Dan taatilah Allah & Rasul, supaya kamu diberi rahmat.” [3:132]

oooo

Rasulullah Muhammad SAW, sering mendapat hinaan orang-orang yang belum memeluk Islam. Berbagai hinaan diterima Rasulullah, mulai perkataan hingga diludahi.

Rasulullah menanggapinya tanpa marah. Bahkan menganggap sebagai hiburan.

Ada seorang wanita tua yang sangat berani mencerca Rasulullah. Setiap kali Rasulullah lewat depan rumahnya, wanita tua itu selalu meludahkan air liurnya di hadapan Rasulullah.

Suatu hari, Rasulullah tidak mendapati wanita tua itu meludah saat lewat di depan rumahnya. Hal itu membuat Rasulullah keheranan.

Akhirnya, Rasulullah bertanya kepada seseorang, “Hai fulan, tahukah kamu, di mana wanita pemilik rumah ini, yang selalu meludahiku setiap aku lewat depan rumahnya?”

Orang itu menjawab dengan acuh, “Apa kau tidak tahu bahwa perempuan itu sudah beberapa hari terbaring sakit?”

Mendengar jawaban itu, Rasulullah mengangguk-anggukkan kepala & melanjutkan perjalanan menuju masjid. Setelah selesai, Rasulullah menjenguk wanita tua itu.

Mengetahui Rasulullah menjenguknya, wanita tua itu kemudian meneteskan air mata. Dia kemudian bertanya mengapa Rasulullah mau menjenguknya.

“Wahai Muhammad, mengapa engkau menjengukku, padahal aku selalu meludahimu setiap hari?” tanya wanita tua itu.

Rasulullah kemudian menjawab, “Aku yakin, engkau meludahiku karena belum tahu tentang kebenaranku. Jika engkau sudah mengetahuinya, aku yakin engkau tak akan lagi melakukannya.”

Jawaban Rasulullah membuat dada wanita tua itu sesak & sedikit kesulitan bernapas. Si wanita kemudian mencoba mengatur napas & menenangkan diri.

Setelah tenang, kemudian bicara, “Wahai Muhammad, mulai saat ini aku bersaksi mengikuti agamamu.” Wanita tua itu kemudian mengucapkan kalimat syahadat di hadapan Rasulullah. [bai; A. Baiquni, 11 7 2013 ; merdeka.com]

—————

Baca juga:

  1. Rasulullah & Arab Badui
  2. Khadijah binti Khuwailid ‘Wanita Paling Mulia di dunia’
Iklan

Tinggalkan Balasan, sopan, intelek, belajar lanjut

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s